Kamis, 10 Mei 2018 16:47 WITA

Bank Sampah Makassar Reduksi 10 Ton Sampah Per Hari

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bank Sampah Makassar Reduksi 10 Ton Sampah Per Hari

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Direktur Yayasan Peduli Negeri (YPN) yang juga Direktur Bank Sampah Indonesia Timur, Saharuddin Ridwan mengatakan, jumlah reduksi di bank sampah pusat mencapai 10 ton per hari.

"Sampah yang diberasal dari bank sampah unit, yang dibawa ke bank sampah pusat setiap harinya," kata Sahar saat ditemui dalam relaunch Makassar Green and Clean Program Bank Sampah 2018, di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bank Sampah, Jalan Toddopuli Raya, Kamis (10/5/2018).

Sampah yang direduksi di bank sampah pusat, tambah Sahar, merupakan sampah-sampah rumah tangga yang dikumpulkan melalui bank sampah unit di masing-masing wilayah di Kota Makassar.

"Sampah yang kita reduksi itu baru nol koma sekian persen dari jumlah sampah yang dihasilkan warga Kota Makassar, yang mencapai 1000 sampai 1200 ton per hari," ungkapnya.

Loading...

Sedikitnya jumlah sampah yang direduksi, akibat masih sedikitnya jumlah nasabah Bank Sampah di Kota Makassar, yakni kurang lebih 50 ribu.

Mengatasi persoalan itu, pihak Bank Sampah akan berupaya meningkatkan sinergitas bersama Rukun Warga dan Rukun Tetangga (RW/RT), untuk membentuk minimal satu Bank Sampah.

"Jika pembentukan bank sampah unit masif dilakukan, tentu potensi serapan sampah di Makassar akan sangat besar. Selain membuat lingkungan kita semakin bersih, juga bisa menambah penghasilan warga yang menjadi nasabah," pungkasnya.

Loading...
Loading...