Rabu, 09 Mei 2018 15:10 WITA

Cegah Stunting Pada Anak, Orang Tua Harus Lakukan Ini

Penulis: Sartika Marzuki
Editor: Nur Hidayat Said
Cegah Stunting Pada Anak, Orang Tua Harus Lakukan Ini
Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar, Ita Anwar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Makassar, Ita Anwar, mengungkapkan salah satu persoalan kesehatan yang menjadi perhatian di Kota Makassar, yaitu masalah stunting.

Stunting adalah kondisi di mana seorang anak mengalami masalah gizi kronis akibat kekurangan asupan gizi dalam waktu cukup lama, akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Faktor lain yang menyebabkan stunting yaitu kurangnya asupan energi dan protein, tidak imunisasi, pengasuhan anak yang kurang tepat, kondisi rumah dan lingkungan yang tidak sehat, faktor infeksi, serta keamanan pangan dan air yang tidak terjaga.

"Salah satu cara memastikan anak telah tercukupi asupan gizinya, yaitu dengan memperhatikan tinggi badan. Apabila tinggi badan anak ternyata lebih pendek dibandingkan teman-teman seusianya. Maka bisa disimpulkan bahwa anak tersebut mengalami stunting," ungkap Ita Anwar kepada Rakyatku.com, Rabu (9/5/2018).

Selain itu, lanjutnya, stunting juga dapat menyebabkan perkembangan tubuh anak menjadi terhambat. Dapat pula mengakibatkan penurunan fungsi kognitif, penurunan fungsi kekebalan tubuh, dan gangguan sistem pembakaran.

Loading...

"Kemudian pada usia dewasa, penderita stunting bisa sangat rentan terhadap timbulnya penyakit degeneratif. Seperti obesitas, diabetes mellitus, jantung koroner, dan hipertensi," imbuhnya.

Ita Anwar mengungkapkan, dalam pencegahan stunting, dibutuhkan peranan orangtua. Utamanya pada 1000 hari pertama kehidupan anak.

"Intinya, orangtua harus rajin memeriksa kesehatan anaknya di Posyandu atau fasilitas kesehatan lainnya. Agar pertumbuhan dan perkembangan anak dapat lebih terpantau. Sehingga apabila terjadi gangguan pertumbuhan, maka dapat terdeteksi sejak dini," pungkasnya.

Loading...
Loading...