Rabu, 09 Mei 2018 14:05 WITA

Terapkan 'Sisrute', RSUD Parepare Pantau Kondisi Pasien Meski di Atas Ambulans

Editor: Andi Chaerul Fadli
Terapkan 'Sisrute', RSUD Parepare Pantau Kondisi Pasien Meski di Atas Ambulans

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare segera menerapkan Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sistrute). Ini setelah pihak pemprakarsa  Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Wahidin Sudirohusodo telah melakukan evaluasi kinerja 'Sisrute' di RSUD Parepare,beberapa waktu lalu.

Pelaksana Tugas(Plt) RSUD Andi Makkasau , dr Renny Angraeny Sari memaparkan ada berbagai macam keunggulan yang akan dirasakan manfaatnya bagi pasien rumah sakit rujukan terakreditasi madya ini dengan menggunakan Sisrute.

“Di antaranya, ambulans emergency yang dimiliki RSUD akan dilengkapi Global Positioning System (GPS), suatu sistem teknologi yang akan membantu posisi keberadaan pasien saat di atas ambulans yang terhubung dengan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Andi Makkasau Parepare dan IGD RSUP Wahidin Sudirohusodo, Makassar,” jelas dia, Kamis (9/5/2018).

"Rencana kita terapkan bulan depan. Ambulans akan dilengkapi GPS dan smartphone untuk video call sehingga bisa memantau kondisi pasien yang dirujuk selama dalam perjalanan di dalam ambulans," kata dia.

Selain itu, dengan 'Sisrute' dapat pula menjamin ketersediaan tempat di rumah sakit yang akan dituju dengan kecepatan dalam persiapan pelayanan yang dibutuhkan.

Keunggulan lain dalam sistem ini kata Renny, dapat memberi pelayanan maksimal kepada pasien agar tidak lagi menunggu tempat atau kamar, ketika tiba di rumah sakit. "Intinya pihak rumah sakit sudah siap sebelum pasiennya tiba di tempat,” tutup dia.